Masuk Usia ke 32 Tahun, Berapa Lama Lagi Lionel Messi Mampu Bertahan?

Barcapedia.com - Lionel Messi baru saja

Barcapedia.com - Lionel Messi baru saja meraih Ballon d'Or keenam sepanjang karirnya. Lionel Messi meraihnya pada usia yang sudah 32 tahun. Lantas, sampai kapan Lionel Messi akan bertahan di level paling atas sepak bola dunia?

Lionel Messi menunjukkan performa yang gemilang bersama Barcelona di musim 2018/2019. Walau hanya meraih gelar juara La Liga, tetapi La Pulga memberi warna tersendiri atas sukses klub asal Katalan. Musim lalu, Lionel Messi mencetak 36 gol di La Liga. Dia menjadi top skor La Liga, sekaligus menjadi top skor Eropa musim 2018/2019. Selain itu, Lionel Messi juga mencetak 12 gol di Liga Champions.

Lionel Messi menunjukkan performa cemerlang bersama Barcelona pada musim 2018/2019. Meski hanya memenangkan gelar La Liga, namun La Pulga memberi warna tersendiri untuk kesuksesan klub Catalan tersebut. Musim lalu, Lionel Messi mencetak 36 gol di La Liga. Ia menjadi top skorer La Liga, serta menjadi top skorer Eropa di musim 2018/2019. Selain itu, Lionel Messi juga mencetak 12 gol di Liga Champions.

Denga itu Lionel Messi masih menunjukkan performa yang konsisten pada musim 2019/2020. Nah, pertanyaan besarnya, sampai kapan Lionel Messi akan berada di level atas karena kini usianya sudah 32 tahun?

Usia 32 tahun acap kali disebut sebagai masa senja karir seorang pemain sepak bola. Beberapa pemain mulai menurun pasca usia tersebut dan masuk fase persiapan menuju pensiun. Dan, akankah itu terjadi pada Lionel Messi?

"Sepertinya tidak ada tanggal kedaluwarsa pada kecemerlangan Lionel Messi," tulis jurnalis Marca, Jose Luis Hurtado.

Jose Luis Hurtado begitu kagum dengan konsistensi Lionel Messi. Dia pertama kali meraih Ballon d'Or pada 2009. Sepuluh tahun berselang, dia masih ada di level yang sama san meraih enam gelar Ballon d'Or.

"Beberapa orang berpendapat bahwa hari-hari terbaiknya sudah di belakangnya, tetapi kemudian dia memberikan kinerja yang memenangkan pertandingan seperti melawan Atletico Madrid dan mereka terdiam lagi. Dia masih bisa pergi selama beberapa tahun lagi," kata Jose Luis Hurtado.

Contoh dari Diego Maradona dan Pele

Cristiano Ronaldo adalah bukti bahwa ia masih konsisten di usia muda. Saat ini, pemain Juventus itu sudah berusia 34 tahun dan bertahan di level tertinggi sepakbola dunia.

Tetapi, ada beberapa pemain yang mulai tenggelam pasca berusia 30 tahun, bahkan sebelumnya. Diego Maradona salah satunya. Dia mulai tenggelam pada usia 30 tahun, pasca meraih segala prestasi gemilang pada zamannya.Pele juga mengalami fase yang hampir sama. Pasca 30 tahun, legenda hidup sepak bola Brasil tersebut mulai menurun.

Pada cabang olahraga berbeda, Michael Jordan menunggu sampai dia berusia 28 tahun untuk kemenangan NBA pertamanya dan karirnya mulai menurun pada usia 35. Roger Federer, Rafael Nadal dan Novak Djokovic masih aktif sebagai pemain tenis elit dunia. Federer sekarang berusia 38 tahun, sedangkan Nadal berusia 33 tahun. Djokovic berusia 32 tahun. Mereka masih berada di level atas tenis dunia.

Força Barça
Força Barça